Header Ads

Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Ke XVI, Menguntungkan?


Pada hari ini, Presiden Jokowi meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi Ke XVI di Gedung Bursa Efek Indonesia. Paket Kebijakan ini berkaitan dengan Percepatan Pelaksanaan Berusaha atau lebih tepatnya mempermudah investasi yang terintegrasi tanpa mengesampingkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Ada banyak poin-poin kebijakan di dalam paket ini. Intinya pemerintah ingin izin usaha itu terpadu dalam satu tempat, dalam satu window, dimana bisa diawasi dan dibantu jika terjadi kendala di tengah jalan.


Saya melihat ini sebagai sebuah terobosan yang baik untuk menciptakan iklim investasi di Indonesia. Pemerintah " mendesign " konsep ini agar investor asing maupun domestik semakin tertarik untuk menanamkan modalnya. Selanjutnya, pembangunan ekonomi nasional akan berjalan sesuai dengan rencana. Mengingat target pemerintahan tahun 2018 yang dibilang terlalu optimis, maka pemerintah tentu tau betul apa yang harus dilakukan dari sekarang.
Saya melihat target 2018 itu merupakan hasil kerja keras pemerintahan. Seharusnya kita juga optimis dalam mendukung upaya-upaya pemerintah. Dampaknya ketika investasi mengalir, semua sektor akan mendapat bagian, terlebih sektor yang berhubungan dengan Nawa Cita Presiden Jokowi. Pembangunan Infrastruktur yang merata dan Tol Laut menjadi tujuan utama ( menurut saya ). So, perusahaan-perusahaan dibidang konstruksi, perkapalan, bahkan properti akan mendapatkan " durian runtuh " di tahun 2018. Terus emiten mana saja yang layak untuk di beli?
Ulasan sektor konstruksi, properti dan saham-saham perkapalan akan saya bahas nanti. Stay tuned!

Tapi sekali lagi, kita tidak bisa menebak masa depan. Yang bisa kita lakukan hanyalah terus belajar dari masa lalu agar tidak terkubur di masa depan.

Salam Investasi

 Sumber Gambar :

No comments