Header Ads

Asing Terus Bersama Bank Jatim, Lokal Gimana?


PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk ( BJTM ) menarik perhatian saya kembali. Walaupun saham ini sudah saya miliki, namun ada hal menarik ketika saya melihat investor asing terus melakukan aksi beli di saham ini.

Ada beberapa catatan menarik mengapa asing terus membeli saham ini. Menurut saya, Bank Jatim merupakan salah satu bank dengan dividen yield terbesar, kinerja perusahaan yang luar biasa bagus ( kecuali NPL ), dan tata kelola manajemen yang baik. Selain itu, pada bulan Juli 2017 ini saja, PT Bank Pembangunan Daerah Jatim Tbk (BJTM) berhasil mencatatkan keuntungan sebesar Rp815,76 miliar pada Juli 2017. Nilai ini meningkat 33,23% dari periode yang sama tahun lalu, di mana Bank Jatim meraih laba bersih Rp612,31 miliar. 


Selain itu, BJTM ini memiliki kinerja 10 tahunan yang cukup cemerlang, namun harga sahamnya sepertinya belum menunjukkan fundamental perusahaan sesungguhnya. Untuk analisa sebelumnya sudah saya posting, silahkan di baca di bawah ini :

Analisis Fundamental BJTM : Saham Dividen Terbaik Versi Kampus Investor


Satu hal yang menarik dalam pilihan investasi saya adalah dividen. Perusahaan dengan dividen yield hampir 6% per tahun ini masih berada di harga Rp 720,- per lembar sahamnya. Seperti postingan Stockbit User dengan nama user kakdr, dimana beliau mengatakan, BELI dan LUPAKAN

Ini menarik, tapi bukan berarti saya POMPOM agar anda membeli saham ini. Saya sebagai founder Kampus Investor selalu ingin membuat setiap Mahasiswa Investor saya belajar menganalisis sendiri, mengenal profil risiko dan mampu melakukan money management yang baik. So, jadi investor bijak.

Next, saya mencoba membuka data BJTM dari situs dunia investasi. Dan saya kaget bahwa hampir satu bulan ini, ASING mendominasi net buy. Apakah kita tertinggal?
Anda bisa llihat sendiri data diatas, dimana dari awal tanggal 1 Agustus 2017, asing melakukan buy dengan volume yang cukup besar. Dan hanya terdapat 2 hari saja asing mencatat warna merah ( net sell ), namun dengan volume yang terbilang sangat kecil. 

Saya tidak tau ini tertinggal atau tidak, yang jelas, BJTM masih memiliki potensi terbaik di masa depan. Mungkin saja dalam 5 tahun ke depan, harga saham BJTM sudah bisa sama dengan harga saham BJBR saat ini. Mustahil? Saya rasa ya. Kinerja konsisten dari masa ke masa membuktikan fundamental Bank Jatim ini kokoh.

Saya juga tidak bisa menebak akan kemana asing membawa BJTM, tapi yang jelas, masa depan perusahaan ini sangat cerah. Seperti kata kakdr, Yuk Nabung Saham, Beli dan Lupakan.

Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi referensi anda dalam berinvestasi. Tapi selalu ingat, semua tulisan saya selalu ada DISCLAIMER nya. Jadi, baca dulu ya :)

Salam Mahasiswa Kampus Investor - Kampusnya Para Investor Indonesia


No comments