Header Ads

Tahapan Awal Mengenal Emiten Versi Jim Play



Mahasiswa Kampus Investor, sempat beberapa waktu lalu saya mempublish artikel tentang Alasan Hold " Ngeyel " dan " Investasi ". Artikel lengkapnya bisa anda baca di bawah ini :


Di artikel tersebut saya memperoleh sebuah riset kecil dari group telegram yang beraliran fundamental, dibawah pimpinan Bos Jim. Dan nama grupnya tidak lain tidak bukan adalah JIM PLAY. Saya salut sama grup ini, karena hampir setiap saat selalu ada interaksi di dalamnya. Kadang ada intermezo, kadang serius BEDAH LK, bahkan kadang kritis sama beberapa jasa layanan STOCK PICK.
Well, terlepas dari itu semua, kali ini saya kembali memposting tulisan beliau disini dan tentu saya sudah mendapat IJIN RESMI dari BOSS JIM

Kenapa saya mau publish disini? 

Karena tadi di dalam chat telegram grup JIM PLAY, ada seorang new member, dengan PD nya menanyakan hal-hal dasar yang bagi saya sangat terkejut. Mulai menanyakan apa itu HAKA-BUKI, apa itu Warran, apa itu PUBEX, dan masih banyak APA ITU yang mungkin membuat boss JIM PLAY GROUP merasa perlu untuk berbagi sesuatu kepada mereka yang baru/fresh di dunia saham. Boss Jim memberikan tips trik untuk mengenal emiten sebelum membeli.

So, apa saja Tahapan Awal Mengenal Emiten Versi Jim Play?

1. Mulailah dari emiten yang anda kenal atau anda pikir anda bisa pelajari bisnisnya.

2. Baca Materi Pubex (Public Expose/Paparan Publik) beserta hasilnya (biasanya ada Tanya Jawab, infonya sering kali berguna). Dari sini mulai ada gambaran kasar bisnis dan isi emiten.

3. Cari dan browsing situsnya. Luangkan waktu untuk baca semua info yang anda pikir bakal berguna.

4. Baca Annual Report (Laporan Tahunan). AR berisi info berharga tentang emiten, bisnisnya, industrinya, manajemennya, kendala yang dihadapi, rencana manajemen ke depan, dll. Coba baca dari awal hingga akhir. Tidak perlu mengerti semua, tapi coba dibaca sampai tuntas. Semakin sering baca, semakin banyak yang dimengerti.

5. Baca LK (Laporan Keuangan) emiten, jangan lupa baca notes, agar tahu lebih detil.

6. Valuasi, untuk awal, pake valuasi relatif/komparatif saja, yaitu biasanya multiples seperti PER emiten vs PER sektornya, atau dibandingkan dengan rata-rata PER emiten di masa lalu. Tidak ada yang baku, tiap emiten/sektor/bisnis bisa berbeda. Sebagai gambaran umum, ketika semuanya terlihat baik-baik saja, tidak ada bad news, tidak ada yang bicara resiko, sahamnya HOT, kebanyakan orang optimis bahkan euforia, saat itu adalah saat terburuk untuk membeli saham tersebut.

Untuk tahap awal, yang paling penting untuk anda adalah mengenal emiten lebih dekat, tahu apa saja kendala yang dihadapi, apa resiko terbesarnya, dan apa keunggulan. Anda sejak awal harus mengasah kemampuan analisa, memproses informasi, dan juga intuisi tentang prospek emiten di masa depan.

Pubex, AR, dan LK bisa didownload dari situs www.idx.co.id dan situs emiten.
Nah, bagaimana, apakah anda mau menjadi bagian dari aliran fundamental? Apakah anda mau meluangkan waktu untuk mengenal perusahaan sebelum membeli?
Semoga KULIAH TAMU dari BOSS JIM ( JIM PLAY GROUP ) membuka wawasan bagi yang mau belajar analisis fundamental.
 Sumber Gambar :

No comments