Header Ads

Analisa Saham EKAD : Laba Selalu Bertumbuh, Calon Saham Investasi?



Menjadi seorang value investor membuat kita harus mengenal lebih jauh bisnis sebuah perusahaan. Karena ketika kita menginvestasikan dana kita ke perusahaan, maka secara tidak langsung kita memiliki perusahaan tersebut. Karena kepemilikan ini, kita tentu harus mengetahui selak-beluk perusahaan tersebut agar kita tidak menjadi investor yang di CAP sebagai investor yang membeli kucing di dalam karung!

Berkaca dari situ, saya menemukan sebuah perusahaan yang kinerjanya sangat memuaskan dan tentunya dapat dilihat dari kinerja laporan keuangan perusahaan 10 tahun lalu. Perusahaan itu adalah PT. EKADHARMA INTERNATIONAL, TBK ( EKAD ) yang bergerak dalam industri kimia dengan produk pita perekat.

Mari kita analisis :

  • Profil Perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981 dengan nama PT. Ekadharma Widya Grafika, kemudian mengalami beberapa perubahan nama yang pada akhirnya menjadi PT. Ekadharma International Tbk. Perusahaan ini telah menjadi perusahaan publik dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya sejak tahun 1990.Sejak tahun 1983, Perusahaan telah mulai mengembangkan bisnis di dunia industri pita perekat untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia.
Seiring dengan pertumbuhan dan permintaan pasar Indonesia yang cepat sejak tahun 1991, perusahaan telah mulai membuka cabang dan fasilitas pendukung lainnya yang hingga kini memiliki 30 cabang di seluruh Indonesia.
Pada bulan Juli 2007, Visko Industries Sdn. Bhd., sebagai anak perusahaan mendirikan pabrik manufaktur di Port Klang Free Zone (PKFZ), negara bagian Selangor, Malaysia, yang berdekatan dengan Westport. Hal ini sebagai langkah strategis di sepanjang Selat Malaka yang mampu menyediakan akses cepat dan mudah ke pasar Asia Tenggara dan sekitarnya.
Berkat keuletan dan kerja keras yang baik, saat ini PT Ekadharma International Tbk. telah menjadi salah satu produsen sekaligus pemimpin pasar tape terdepan di pasar Indonesia. Bukan hanya itu, Ekadharma juga selalu menekankan pentingnya produk yang berkualitas dan memberikan nilai tambah kepada pelanggannya. Dan juga berbekal pengalaman yang panjang, pengembangan merek, dan adanya jaringan distribusi yang kuat dan luas, serta loyalitas pelanggannya, kini Daimaru yang merupakan brand unggulan Ekadharma telah terbukti akan kualitas sekaligus popularitasnya di Indonesia dengan masuknya brand tersebut ke dalam daftar TOP BRAND maupun SUPERBRANDS.
Pencapaian Ekadharma tidak hanya itu. Ekadharma membuktikan dirinya sebagai salah satu perusahaan terbaik dengan masuknya Ekadharma ke dalam daftar TOP 50 COMPANIES BEST OF THE BEST di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut versi majalah Forbes Indonesia (2012-2016).
  •  Produk
Berikut ini merupakan produk yang dihasilkan perusahaan :


  • Kinerja Perusahaan
Ada dua pendekatan penilaian kinerja yang saya gunakan, dimana saya bekerja sama dengan analisis investasi, Bang Kris. Beliau membagi kedua pendekatan itu menjadi, Analisa Fundamental Growth Investing dan Analisa Fundamental Value Investing. Dari pendekatan tersebut terdapat 9 indikator penilaian fundamental perusahaan yang layak investasi.

ANALISIS FUNDAMENTAL GROWTH INVESTING   

  • Revenue Growth



  • Earning Growth






  • Equity Growth





  • Average ROE





 Berdasarkan 4 Indikator Penilaian dengan pendekatan Investing Growth dapat disimpulkan bahwa :



Selanjutnya kita akan menganalisis melalui pendekatan kedua, yakni dengan Value Investing.

Analisa Fundamental Value Investing

Ada 5 indikator penilaian di dalam menganalisis sebuah perusahaan  menggunakan value investing versi kami. Kelima indikator tersebut diantaranya :
1. Perusahaan harus selalu membagi dividen minimal 5 tahun terakhir
2. PER perusahaan berada di bawah 15x
3. PBV perusahaan berada dibawah 1,5
4. Working Capital perusahaan menunjukkan jumlah aset harus lebih besar 2 kali lipat dari utang
5. DER perusahaan menunjukkan jumlah ekuitas harus lebih besar 2 kali lipat dari utang

Nah, berikut gambaran analisis fundamental saham EKAD



 Dari kelima indikator tersebut, ternyata PT. Ekadharma International, tbk ( EKAD ) berada diatas standar yang kami tentukan sebagai perusahaan layak investasi. Berikut gambarannya :



Jika kedua pendekatan analisis digabung, maka dapat saya simpulkan bahwa PT. Ekadharma International, Tbk ( EKAD ) mendapatkan skor 100% Layak Investasi.



Disclaimer :

Semua keputusan jual maupun beli merupakan keputusan pribadi setiap investor. Saya tidak bermaksud mengajak untuk membeli saham tertentu, melainkan hanya menulis hasil analisis. Setiap kerugian menjadi tanggungjawab anda. Sikapi dengan bijak, jadi investor mandiri.

Pada saat ini saya sedang memegang saham EKAD dengan average 689 





No comments