Header Ads

Mina Padi Akuisisi Muamalat, Hajar Kanan PADI?


Isu-isu selama ini yang beredar tentang akuisisi Bank Muamalat menemui titik terang. Berdasarkan informasi yang Kampus Investor peroleh dari Portal Bareksa, PT. Minna Padi Investama Sekuritas, Tbk (PADI) akhirnya mengumumkan untuk membeli 51% saham dari Bank Muamalat Indonesia Tbk dengan harga 4,5 Triliun. Ini bukan nominal yang kecil mengingat kas internal semester I 2017  dari PADI sendiri hanya 17,9 Miliar. Bagi saya ini merupakan sebuah kejanggalan pertama.


Kita tau bahwa beberapa bulan lalu saham PADI ini meroket hingga ratusan persen karena isu akuisisi Bank Muamalat ini. Sampai-sampai bursa dihebohkan dengan keuntungan fantastis dari seorang trader yang gain hingga triliunan rupiah hanya dalam waktu beberapa hari saja. Namun ketika melakukan pemaparan atas keterbukaan informasi, manajemen kembali membantah isu tersebut. Dan akhirnya saham PADI sempat turun dan bergerak sideways hingga penutupan perdagangan kemarin naik 8% lebih. Bisa saya katakan rumor-rumor yang tersebar ini sebenarnya pasti akan terjadi namun ditutup-tutupi agar tidak banyak retailer saham mengeruk keuntungan. Bagi saya ini merupakan sebuah kejanggalan kedua.

Saya yakin bahwa kemungkinan besar saham ini akan terus DIGORENG menuju level tertingginya. Namun saya tekankan bahwa jangan melupakan KEJANGGALAN PERTAMA. Disini kita harus pintar menganalisis dan mencari tau apa yang sebenarnya akan dilakukan oleh PADI untuk mengakuisi Bank Muamalat dengan kondisi keuangan yang seperti itu. Apakah harga sahamnya akan dibawah naik sampai ke level tertinggi, kemudian PADI right issue, atau dengan menambah pinjaman? Ini yang harus kita sama-sama selidiki. 

Menurut pendapat dan hemat saya, besok harga sahamnya kemungkinan akan naik bahkan mungkin bisa terjadi ARA. Namun secara fundamental, Kampus Investor tidak merekomendasikan saham ini. Saham ini rawan sekali untuk digoreng dan retail yang memanfaatkan fasilitas marginpun terpaksa menjadi korban. Sekali lagi semua pendapat ini merupakan pandangan pribadi tanpa adanya paksaan. DISCLAIMER selalu berlaku disemua tulisan saya. Bisa dibaca sebelum bertindak.


Sumber Gambar :






No comments