Header Ads

Asing Jualan ASII Terus, Kapan Berhentinya?



Saham PT. Astra International, Tbk ( ASII ) mengalami penurunan beruntun selama sebulan lebih dari harga 9.000 hingga pada hari ini 4 Agustus tersisa 7.775. Ada penurunan sebesar 1.225 poin sejak awal juli hingga akhir pekan pertama di Agustus ini.

Berikut data foreign flow yang saya ambil dari situs Dunia Investasi.



Bisa anda perhatikan bagaimana asing melakukan jual bersih di perusahaan ini. Padahal berdasarkan laporan keuangan semester I/2017, ASII mencatatkan pertumbuhan pendapatan hingga 11% dan mengalami kenaikan laba bersih sebesar 31% (Klik Menuju Sumber ). Tapi kenapa ya sahamnya malah " ambruk " ? Apakah ini ada pengaruh sama IHSG?

Ternyata setelah saya mencari informasi dari salah satu website yang menurut saya sangat ahli dalam analisa foreign flow, maka saya menemukan alasan bahwa asing HANYA MELAKUKAN PROFIT TAKING biasa di saham ini. Fase akumulasi telah dilakukan sejak awal tahun dan saat ini adalah saat yang tepat bagi mereka untuk merealisasikan keuntungannya. Berikut ini sudah saya ambil sebuah gambar dari website Creative Trader untuk menjelaskan bagaimana pergerakan asing di saham ASII.


Bisa anda lihat sendiri bagaimana asing mampu merealisasikan semua keuntungannya. Kesimpulannya adalah tetap HOLD saham ini jika kalian yang baru beli diharga 8500an atau bahka lebih tinggi dari itu. Tetap perhatikan analisa teknikal dan sebisanya melakukan average down jika posisi sudah breakout trendline atau minimal membentuk doji. Bagi anda yang belum memiliki saham ini, maka saya sarankan Wait and See hingga asing selesai melakukan fase distribusi. Secara fundamental, ASII sudah sangat layak investasi.


Sekian Catatan Kampus Investor kali ini. Jadilah Mahasiswa Investor yang bijak di dalam dunia saham. Kendalikan emosi dan psikologi, maka anda akan menjadi Investor sejati.



Sumber




No comments