Header Ads

GGRM dan TLKM 12 Okt 2017 - Charting Indah


Sudah Saatnya Cutloss kah?


Menentukan batas cutloss memang tidak mudah, kadang sebagian dari kita berusaha menipu diri sendiri saat sudah tahu posisi kita salah dengan mengatakan bahwa kita sedang invest, main long term lah. 

ilustrasi:
A : "Eh cuy, itu udah dalem banget liat. Saatnya CL you know..."
B : "Lu ga tau gua lagi invest?"
A : "Invest? ahh yang bener ahh... Lu mah ga tega cutloss gua tau lah"
B : "Ihh serius, GGRM tuh masuk LQ45 helloow..."
A : "Tapi menuju 48000 tuh!" 
B : "Wadaw... CL deh"
A : "Hihihi.. katanya invest???" 
wkwkwk...  

Bedanya orang invest sungguhan dengan tak tega cutloss adalah pengetahuan mendasar yang mendorong pembelian tersebut.
Kalau dari awal beli niatnya untuk invest, jangka panjang, karena tahu akan potensi suatu saham yang kebanyakan orang tidak tahu, maka resiko floating loss tinggi pun siap diterima, mereka adalah para fundamentalis, trader tersabar dengan cadangan uang yang tidak sedikit. Apabila awal beli niatnya untuk trading, lihat candle hijau jari rasanya gatal untuk tidak hajar kanan tombol offer, lalu ternyata harga hanya jilat atas dan balik arah ke bawah semakin dalam dan semakin dalam, maka saya yakin ada perasaan tidak terima saat melihat floating loss; merah darah kebakaran hebat luka-luka kadas kurap panu di porto. 

Maka saat harus sudah cutloss, sebelum semakin dalam, kita harus bisa menguasai emosi kita dan merelakan hal tersebut. Disini lah emosi psikologi dalam bertrading diuji.

GGRM dan TLKM yang merupakan dua saham favorit sepanjang masa, kini sedang melewati masa pahitnya dengan loncat indah ke level percobaan downtrend. Berikut ulasannya secara teknikal;



GGRM 12 Oktober 2017 

-Wider Look- 

    Secara luas GGRM tampak masih dalam jalur uptrendnya. namun apabila ditarik garis-garis support dan resistant, maka akan terlihat bahwa last price dari GGRM sudah keluar dari jalur uptrendnya dan sedang menguji level percobaan fibo 0.236 di harga 64528, yang apabila level harga itu ditembus, maka GGRM fix turun ke bawah lebih dalam lagi, paling jauh adalah ke 46918 rupiah per saham. 


-Closeup Look-

Oke, bisa kita lihat bahwa indikator Aroon menunjukkan tenaga sell yang cukup tinggi dengan tanpa perlawanan dari buy power nya. Diringi MACD nya yang terus menipis.


Dengan kemungkinan penurunan yang tinggi, masih mau hold? Semua terserah Anda. Apabila Anda ingin memiliki GGRM saya rasa lebih baik tunggu saja di bawah saat longsornya sudah reda di bawah, maka saat ada sinyal rebound (memantul ke atas), apabila ingin memiliki saham GGRM boleh buy disana. 

Sektor rokok di Indonesia sangatlah luas, dengan pertambahan perokok setiap tahunnya. Maka sektor rokok sangat prospektif sebenarnya.   



TLKM 12 Oktober 2017

-Wider Look-



TLKM berada dalam jalur uptrend yang baik sekali bagus, terus menanjak. Pernah terjadi percobaan level uptrend yang lebi rendah yang berada dalam area kuning dengan gap turun dan naik yang membuatnya semakin jelas terlihat. Beberapa sentimen negatif akhir-akhir ini membuat saham TLKM jatuh ke level terbawah garis double downtrend. 


-Closeup Look-


Semua orang berebut menginginkan TLKM di tangan mereka. Saham ini bermasa depan baik sebagai garda terdepan di bidang komunikasi yang melayani 330 juta rakyat Indonesia kini dan nanti. Begitu ada sentimen negatif akhir-akhir ini, maka semua sudah siap menanti untuk membeli TLKM. 

Ketika TLKM hari ini naik 2%, semua bertanya-tanya apakah ini sudah saatnya Buy kembali? Saya rasa tidak. Ada kejanggalan disini. Sell powernya cukup tinggi (cek indikator Aroon nya) dengan MACD yang menganga ke bawah. Ini jelas menandakan kekuatan Sell cukup tinggi namun candle hjau berseri-seri dengan volume kecil. 

Apabila candle TLKM besok pagi open di harga >4482 (fibo level 0.5) maka ia sah berada di dalam jalur uptrend nya lagi. Apabila tidak, maka ini hanya meninggi sedikit untuk jatuh lebih dalam untuk membuat downtrend. 


Kini, pilihan di tangan Anda. Mau mendadak invest (karena tidak mau cutloss) atau mau sudahi saja dan beralih ke saham lain sambil menunggu TLKM benar-benar di bawah dan siap-siap rebound. 




Sekian. Disclaimer On. Tapi tanya-tanya sedikit boleh lah.. di shantiregistry@gmail.com 

Ciao... 


   

No comments