Header Ads

Support Terbatas, Boleh Masuk WSKT?


Rajanya konstruksi di BEI, PT. Waskita Karya, Tbk ( WSKT ) masih berada di zona tak nyaman beberapa pekan, bahkan berbulan-bulan lamanya. Kebangkitan sektor konstruksi masih menjadi katalis positif buat rajanya kapitalisasi konstruksi BEI ini. Ketika sektor Property sudah mulai lepas landas, keluarganya sektor konstruksi masih adem-adem saja di tempat. 

Tidak hanya WSKT, ADHI dan WIKA yang sesama industri dan berasal dari BUMN pun masih kelihatan parkir di zona buruknya. Tapi, saya melihat ini ada yang salah untuk sektor konstruksi.
Kenapa ketika program percepatan pembangunan yang gencar dilakukan di zamannya Pak Jokowi, malah membuat sektor ini tambah melempem? Bukannya ini salah satu katalis positif?

Ya, menurut saya BUMN tidak terlepas dari segala macam kebijakan. Isu-isu krusial yang sedang hangat tentang pengurangan APBN dan lain-lain mampu membuat saham-saham ini tak diabaikan pasar. Pasar merespon negatif. Ditambah lagi setiap pengerjaan proyek membutuhkan dana yang besar dan dana tersebut baru bisa diterima setelah selesainya proyek. Otomatis tahun-tahun ini pasti kebanyaka emiten melakukan pencarian pinjaman dana untuk membiayai. Tak heran jika liabilitas mereka juga meningkat cukup pesat.

Yang menjadi dasar kita adalah melihat potensi masa depannya. Proyek-proyek yang di proyeksi selesai tahun 2018 ataupun 2019, maka laporan keuangannya akan bagus sekitat tahun-tahun itu. Di saat itulah rasio-rasio fundamental menunjukkan nilai yang sangat wajar atau bisa dikatakan undervalued. Dan disaat itulah kita menikmati keuntungan. Itulah investasi.

Terus, Apakah Sudah Boleh Masuk WSKT?



Gambar ini saya peroleh dari website Saham Pemenang, dimana dari chart tersebut bisa dilihat bahwa WSKT memiliki support di harga Rp 2.280 dan ini terbilang sudah sangat terbatas. Kemungkinan bisa turun namun GREAT WALL SUPPORT yang mungkin mustahil ditembus berada di Rp 1990an - Rp 2.000

Menurut hemat saya, kinerja perusahaan yang begitu cemerlang, ditambah lagi manajemen yang baik dari Bos WSKT, Pak Choliq, dan proses penjualan 9 ruas toll untuk membangun proyek baru, semakin membuat fundamental WSKT baik. 

So, kesimpulannya, dengan risiko terbatas, WSKT boleh masuk.


Perusahaan ini sangat baik dari segi fundamental dengan risiko terbatas. Saya sangat merekomendasikan perusahaan ini untuk disimpan sebagai aset investasi. NAMUN, semua keputusan berada di tangan investor. Saya hanya memberikan penilaian berdasarkan pandangan saya, bukan kondisi memaksakan Anda untuk membeli. Selalu BACA DISCLAIMER!
 
Disclaimer :

Semua keputusan jual maupun beli merupakan keputusan pribadi setiap investor. Saya tidak bermaksud mengajak untuk membeli saham tertentu, melainkan hanya menulis hasil analisis. Setiap kerugian menjadi tanggungjawab anda. Sikapi dengan bijak, jadi investor mandiri.


 Sumber :




No comments