Header Ads

SAHAM PEMENANG : Bank Bukopin Terus Berkembang




PT. Bank Bukopin, Tbk ( BBKP ) kembali memperkuat posisinya sebagai bank yang mampu bersaing dengan bank papan atas di Indonesia. Gencarnya perkembangan digital membuat Bank Bukopin melirik sektor ini. Ini sebuah peluang besar, dimana Indonesia akan menuju ke era milenial, era digital dan menjadi potensi pasar yang sangat menjanjikan. 

PT. Bank Bukopin, Tbk menyatakan pihaknya dalam waktu dekat akan meluncurkan platform berbasis digital bernama Tabungan Woke.
Direktur Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi (TI) Bukopin Adhi Brahmantya mengatakan, layanan berbentuk aplikasi ini akan memudahkan nasabah perseroan untuk mengakses layanan perbankan Bukopin. 
( Selengkapnya bisa dibaca disini : Perkuat Digital, Bukopin Mendorong Kinerja )

Apakah Ini Peluang Mengoleksi Bank Bukopin?

 Secara fundamental, perusahaan ini terbilang sangat sehat. Alasannya bisa dilihat dari berbagai faktor. Ada dua pendekatan seperti yang saya jelaskan sebelumnya di artikel Analisa Saham Ekad: Laba Selalu Bertumbuh, Calon Saham Investasi?


Analisa Fundamental Growth Investing
  • Earning Growth




  • Asset Growth
 


  • Average ROA
 


Berdasarkan 3 indikator penilaian untuk sektro perbankan, maka dapat saya simpulkan bahwa :



Analisis Fundamental Value Investing
 
Ada 4 indikator penilaian di dalam menganalisis sebuah perusahaan  menggunakan value investing versi kami di sektor perbankan/jasa keuangan. Keempat indikator tersebut diantaranya :
1. Perusahaan harus selalu membagi dividen minimal 5 tahun terakhir
2. PER perusahaan berada di bawah 15x
3. PBV perusahaan berada dibawah 1,5
4. DAR perusahaan menunjukkan jumlah aset harus lebih besar 1,3 kali lipat dari utang
Nah, berikut gambaran analisis fundamental saham BBKP 

 
Perusahaan selalu membagikan dividen sejak tahun 2008. Harga bukunya di Rp 1.023, maka MoS nya hampir 40% di harga sekarang. Selain itu, dividen yield BBKP tergolong menarik. Salah satu kekurangannya adalah dari DAR. Walaupun assetnya masih lebih besar dari utang, namun berdasarkan standar yang telah kami tentukan, maka DAR 1.10 belum termasuk baik.

So, kesimpulannya :


Jika kedua pendekatan analisis digabung, maka dapat saya simpulkan bahwa PT. Bank Bukopin, Tbk ( BBKP ) mendapatkan skor 83% Layak Investasi.
 
 
Note : Perusahaan ini sangat baik dari segi fundamental. Saya sangat merekomendasikan perusahaan ini untuk disimpan sebagai aset investasi. NAMUN, semua keputusan berada di tangan investor. Saya hanya memberikan penilaian berdasarkan pandangan saya, bukan kondisi memaksakan Anda untuk membeli. Selalu BACA DISCLAIMER!
 
Disclaimer :

Semua keputusan jual maupun beli merupakan keputusan pribadi setiap investor. Saya tidak bermaksud mengajak untuk membeli saham tertentu, melainkan hanya menulis hasil analisis. Setiap kerugian menjadi tanggungjawab anda. Sikapi dengan bijak, jadi investor mandiri.

Pada saat ini saya sedang memegang saham BBKP dengan average 621
 
   

No comments