Header Ads

Charting Indah 11 Oktober 2017 (sebagian rekomendasi, sebagian lagi pembacaan grafik untuk para nyangkuters)


Hello, traders, fundamentalists, semuanya..

Nama saya Shanti Putri, chartist kampusinvestor. Seni membaca grafik adalah charting, maka saya adalah chartist, seniman grafik karena dibutuhkan pengetahuan, hobby dan cinta dalam melakukan charting.
Teknikal analisis sesungguhnya adalah seni membaca harga market di masa depan melalui batasan garis-garis khayal yang dinamakan garis trend, fibo level, dll. Dibutuhkan tak hanya paham namun juga cinta untuk melakukan seni charting ini. TA apakah yang paling baik? TA paling baik adalah yang mudah dimengerti dan dibaca sinyalnya.

11 Oktober 2017





ELSA baru saja rebound. Kesempatan bagus untuk membeli pastinya. Tenaga Buy lemah namun tidak dilawan oleh tenaga Sell nya. Namun konfirmasi naik, cek kondisi MACD. Boleh TP di 365

DOID - Dunia Delta Makmur Tbk - Wider look

Secara umum, DOID berada dalam pola kipas uptrend yang terus merangsek naik. 
Pernah terjadi percobaan keluar jalurnya untuk naik jauh lebih tinggi namun gagal (di bulatan hijau), tapi ia kembali tetap dalam pola uptrend nya, masih berada dalam batasan dua pita yang mengapit garis tengah kipas. ini artinya naik turun grafiknya masih wajar. Hanya saja layaknya kipas, semakin ke tepi semakin lebar naik turun harganya. Maka dapat disimpulkan secara umum DOID berada dalam kondisi uptrend sehat terjaga. 



Nah... di DOID versi closeup kita bisa lihat bahwa DOID masih berada di garis tengah kipas (garis kipas warna merah) dan dia ga mau turun di bawah  itu. Artinya emang ga turun, koreksi dikit tapi bukan gejala downtren minor. Hari ini volume nya mini, MACD nya juga datar namun sinyal naik positif. Indikator aroon mengatakan kekuatan Buy nya masih lebih tinggi, namun kenaikannya masih lemah. Artinya bergerak positif namun lambat. DOID sudah melewati garis fibo 909, dan berada di atas garis tengah kipas, dia masih mau naik kemungkinan mengejar high sebelumnya setelah fibo berikutnya di harga 1060 (logikanya adalah kalau memantul disana maka akan terbentuk double top, kalau lebih dari itu break ke atas maka akan mengejar batas kipas atasnya lagi) 

Posisi dia masih aman.. dia ga lagi turun.. dia cuma capek kali... jadi ngaso dulu bentar nunggu market maker

DOID kalau sudah lebih dari 967 maka AMAN. dia lanjut ke 1060, ngejar high sebelumnya (puncak fibo).
Kalau 1060 tidak terkejar maka diasumsikan DOID akan mengejar high sebelumnya yang terdekat yaitu di 1010.

Kesimpulan: DOID masih bagus, masih di level up (di atas garis tengah kipas). Kalau lewat dari 967 maka akan ke harga 1010, 1060.

Yang masih punya DOID boleh TP nanti di 1010 atau 1060. 
Yang belum punya DOID jangan dulu buy, tenaganya masih kecil, dan tidak ada tanda2 koreksi (tempat untuk Buy On Weakness)




TLKM

Dapat kita lihat secara luas bahwa uptrend TLKM memang mantap. Di ujung meruncing membentu bendera. Terahir harga jatuh menembus level fibo 0.382 namun belum break ke bawah menuju level percobaan downtrend. Area kuning adalah area dimana pernah terjadi percobaan downtrend, keluar dari uptrend nya namun kembali lagi, nampakya ada sentimen positif yang membuat orang-orang kembali membeli TLKM. 


Dari dekat TLKM memperlihatkan kekuatan penurunan yang cukup kuat. Indikator Aroon begitu kuat mencirikan tenaga Sell nya. MACD sudah mengarah ke bawah. Tenaga menuju ke bawah masih kuat. 

Kesimpulan, TLKM adalah saham yang kuat dan terus naik. Namun untuk saat ini tidak disarankan untuk Buy dalam rangka take profit jangka pendek. Intinya jangan trading TLKM sekarang. oke. Dia bagus, tapi nanti lagi saja tradingnya kalau longsornya sudah selesai dan ada sinyal mau mantul ke atas lagi. 


INCO bentuk pola luas nya seperti bendera. Break kemana kah ia nanti? Atas atau bawah? Nampaknya harus menunggu sentimen fundamental terlebih dahulu.




Close look dari INCO dapat kita lihat bahwa tenaga naiknya INCO cukup besar. Di fibo level harga 2700 dapat kita lihat ada gap buy sebanyak dua kali di dalam fibonacci retracement. Artinya ada faktor psikologis bahwa ketika harga INCO 2700, semangat masyarakat untuk membeli sangat kuat. Dari indikator Aroon kita dapat lihat tenaga Buy cukup tinggi tanpda ada perlawanan Sell yang berarti. MACD nya opun konfirmasi naik. Harga sudah mencapai 2920, apakah sudah terlalu tinggi untuk masuk? ya mungkin.

Namun saya rasa masih ada cukup tenaga bagi INCO untuk dapat naik ke 3138 untuk membentuk double top (apabila di 3138 koreksi ke bawah maka akan membentuk double top. Secara psikologis semua orang pasti senang Take Profit di atas), dan perjalanan kesana sedikit lagi, ditambah tenaga buy di hari selasa ini, kemungkinan masih bisa membawa INCO ke 3138.

    

Dapat kita lihat MYOR bergerak dalam channel uptrend yang baik. Bahkan dua kali ada percobaan break ke atas yang gagal (area kuning) kembali lagi ke dalam channel nya. 


Dari dekat MYOR masih akan bergerak naik. tenaga buy nya cukup kuat dapat terlihat dari sinyal MACD dan Aroon nya. Maka diperkirakan MYOR dapat mencapai harga 2300 atau bahkan 2450.  




Mengapa saya selalu membuat dua sudut pandang? Secara luas dan secara close up? Karena hakikatnya saat melakukan Technical Analysis kita ingin melihat pola secara luas agar mengetahui batasan-batasan trend secara luas sehingga terlihat secara umum apakah suatu saham sedang naik atau turun.
Close up look melihat posisi saat ini, apakah sudah bisa buy suatu saham, atau posisi harga kini terancam turun, sedang akan naik atau konsolidasi.


*Charting Indah akan memperlihatkan TA dari saham-saham yang sedang populer dibicarakan, dimiliki, dan diincar untuk bisa dimiliki. Charting Indah bukan hanya sekedar rekomendasi saham namun lebih luas dari itu; yaitu sekali lagi merupakan penjabaran posisi saham yang sedang populer dibicarakan, dimiliki, dan diincar untuk bisa dimiliki.
*Penulis merupakan seorang chartist yang masih berkembang perlu banyak masukan dll.
*Kondisi market yang tidak menentu mungkin memberikan haisl yang tidak sesuai karena ada yang dinamakan faktor bandar dan berita dadakan yang termasuk keadaan kahar yang dapat membuat saham sewaktu-waktu anjlok. Kocokan bandar kadang bisa sangat memabukkan NAMUN harga saham akan kembali pada selera kebanyakan orang untuk bertransaksi jual beli yang mana berbanding lurus dengan performa perusahaan. 


Sekian Charting Indah kali ini. 


Ciao. Happy cuan.  

No comments