Header Ads

Prospek Bisnis Digital Cerah, MTDL Semakin Agresif


Pertumbuhan perkembangan teknologi semakin hari kian terasa. Beberapa tahun lalu kita mungkin masih berbelanja di mall-mall, bangun pagi untuk berburu diskon, atau terjebak macet hanya untuk shopping semata. Namun, pergeseran perilaku yang biasanya kita lakukan itu semakin jelas. Pada hari ini, mungkin sudah hampir kebanyakan para kaum milenial akan menghabiskan banyak waktu dari rumah, kantor bahkan dari mana saja untuk berbelanja. Online Shopping sudah menjadi pilihan utama di era teknologi ini.

Melihat prospek cerah di bisnis digital, PT. Metrodata Electronics, Tbk ( MTDL ) terus berekspansi. 

Baca : Metrodata kian tebal di bisnis digital

Saya melihat hal yang sama di masa yang akan datang. Perkembangan bisnis digital akan semakin luar biasa dan punya potensi yang besar. Agresifnya MTDL dari saat ini menunjukkan kesiapan perusahaan yang luar biasa, dimana kita tau kalau pesaing di indsutri ini sangat-sangat ketat.
Lihat saja, Alibaba Group yang melakukan penetrasi di Indonesia dengan berinvestasi pada e-commerce papa atas, Tokopedia dan Lazada Indonesia. Ini membuktikan bahwa untuk menjadi yang terbaik harus penuh dengan perjuangan.

Mari kita lihat keuangan perusahaan yang saya ambik dari Stockbit.





Secara garis besar, perusahaan ini terbilang memiliki fundamental yang baik. ROA 6,3% dan ROE 17% mengindikasikan perusahaan sangat pandai menjalankan bisnisnya.
Namun, dalam menganalisis sebuah emiten, kita perlu pembandingan agar bisa digeneralisasikan apakah perusahaan ini adalah yang terbaik di industrinya.


Jika kita melihat current valuationnya, Harga Saham MTDL masih sangat murah dibandingkan dengan industrinya. Namun, current price to book valuenya sedikit diatas rata-rata industri.


Jika berbicara tentang management effectiveness, maka MTDL tergolong yang sangat baik jika dibandingkan industri, namun masih kalah jika head to head dengan LINK dan ASGR.



Berbicara soal solvency perusahaan, MTDL juga masih sangat baik dibandingkan industri. 


Saya melihat MTDL memiliki prospek yang cerah di bisnis digital. Selain itu, fundamental yang menurut saya KOKOH ini menjadi fondasi untuk terus menjadi yang terdepan di industri teknologi dan informasi.


Disclaimer :
Saya hanya merekomendasikan analisis dan pandangan saya. Bukan sebuah PERINTAH untuk beli/jual. Kerugian yang timbul menjadi tanggung jawab anda

Jadi Investor Bijak

No comments