Header Ads

Air Asia Batal IPO, Ternyata Backdoor Listing di CMPP!


KONTAN.CO.ID - AirAsia Bhd akan melancarkan aksi backdoor listing atas unit usahanya di Indonesia, PT Indonesia AirAsia (IAA). Perusahaan yang menjadi target backdoor listing adalah PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk (CMPP).
AirAsia bakal melepas saham IAA, untuk kemudian ditukar menjadi saham baru pada CMPP. Demikian juga dengan mitra AirAsia di Indonesia, yakni PT Fersindo Nusaperkasa yang kini mengapit 51% saham IAA, kelak juga akan memiliki saham di CMPP.

Berita diatas cukup mengejutkan mahasiswa Kampus Investor. Menurut pengamatan data terakhir saham CMPP, memang harganya sudah melonjak jauh dari harga sebelumnya. Ternyata salah satu alasan kenaikan saham itu adalah backdoor listing yang dilakukan oleh Air Asia

Dalam berita tersebut dijelaskan bahwa skema backdoor listing ini dilakukan dengan jika ada persetujuan RUPSLB di bulan Oktober nanti. Dan sudah dijabarkan bahwa harga saham yang akan di patok saat right issue sebesar Rp 250,- per lembar saham. Sedangkan harga saham CMPP saat ini berada pada harga Rp 380,- per lembar saham. Saham ini terkena suspend dari Bursa karena pergerakan harganya yang tidak wajar.


Walaupun kita tau bahwa Air Asia merupakan salah satu maskapai yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan maskpai lain, namun untuk harga market yang sudah mencapai angka 380 ini sudah sangat tinggi. Mengingat harga saham yang ditawarkan lebih murah, sebaiknya jika anda menginginkan untuk menjadi pemilik Air Asia, maka ikuti right issuenya nanti. 

Semoga Mahasiswa Kampus Investor tetap selalu melakukan analisis mandiri, menemukan saham terbaik di harga terbaik dan jangan lupa beli masa depannya. Seperti CMPP ini. Sahamnya tidak banyak yang melirik tahun-tahun sebelumnya, namun sekarang?

Well, kenali profil risiko pribadi kalian. Karena profil risiko menentukan kemana langkah yang harus di ambil.

Salam Mahasiswa Kampus Investor

No comments