Header Ads

Freeport Takluk Di Tangan Hokage Ke Tujuh Indonesia!


Pagi tadi saya tertegun membaca berita yang mulai di post di berbagai media online. Ya, Freeport setuju mendivestasi kepemilikannya kepada Indonesia menemui titik terang. Pembahasan yang cukup rumit, memakan waktu, menguras tenaga dan pikiran, menyedihkan ketika melihat banyak yang di PHK, demosntrasi pekerja, hingga ancaman ke mahkamah internasional mewarnai perjalanan FREEPORT vs INDONESIA. Namun pada akhirnya, hari ini, Selasa, 29 Agustus 2017, Freeport akhirnya " menyerah " di tangan Hokage Ke Tujuh Indonesia, Pak Jokowi.

Namun, kita tau bahwa ini bukan hanya kerja keras sang Nahkoda saja. Melainkan sebuah keberhasilan dari kerja tim yang mampu meyakinkan Mc Moran Company untuk mengikuti aturan main di Indonesia. Dan kini, Indonesia mulai mempersiapkan skema dana untuk mengakuisisi 51% saham Freeport. Entah menggunakan holding company perusahaan tambang, entah menggunakan skema yang mana, intinya saya bangga, tambang emas terbesar itu akhirnya menjadi milik kita setengahnya. 

Adapun 4 butir kesepakatan bersama, yakni :

Empat Butir Kesepakatan 
Setelah melalui serangkaian perundingan dan negosiasi yang berat dan ketat, kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan final pada pertemuan. 

Pertama, landasan hukum yang mengatur hubungan antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia akan berupa Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), bukan berupa Kontrak Karya (KK).

Kedua, divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen untuk kepemilikan nasional Indonesia. Hal-hal teknis terkait tahapan divestasi dan waktu pelaksanaan akan dibahas oleh tim dari pemerintah dan PT Freeport Indonesia.
  
Ketiga, PT Freeport Indonesia membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter selama lima tahun, atau selambat-lambatnya sudah harus selesai pada Oktober 2022, kecuali terdapat kondisi force majeur.
  
Keempat, stabilitas penerimaan negara. Penerimaan negara secara agregat lebih besar dibandingkan dengan penerimaan melalui Kontrak Karya selama ini, yang didukung dengan jaminan fiskal dan hukum yang terdokumentasi untuk PT Freeport Indonesia.


Baca :

Freeport Setuju Divestasi 51 Persen Saham, BUMN Siapkan Skema Dana Akuisisisi

Lembong: Kesepakatan Freeport Baru Langkah Awal

Negosiasi Freeport, JK Berharap Sampai Kelar

Freeport Akhirnya Setuju Divestasi Saham 51%

Saya berharap semoga langkah awal yang baik ini bisa terus berjalan hingga akhirnya proses akuisisi itu selesai. Beberapa saham yang akan masuk dalam holding company BUMN, salah satunya adalah ANTM.

Saya merekomendasikan untuk buy saham ANTM di kisaran Rp 700-750/ lembar saham.


Selamat Pak Jokowi dari kami, Kampus Investor.



Disclaimer :
Saya hanya merekomendasikan analisis dan pandangan saya. Bukan sebuah PERINTAH WAJIB untuk beli/jual. Kerugian yang timbul menjadi tanggung jawab anda.

Jadi Investor Bijak

 

No comments